twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :) @aidilfitrisyah3 thank you

Jumat, 14 Desember 2012

  UDP/TCP

 

1. Apa yang dimaksud dengan UDP juga disebut sebagai connectionless-oriented protocol dan tcp biasa disebut juga sebagai protokol berbasis connection-oriented ?

2. Sebutkan 5 protokol aplikasi beserta fungsi dan port yang digunakan ?

3. Apa yang di maksud dengan fungsi flow control dan coba beri contohnya ?

4. Coba jelaskan konsep dari tcp?

5. Bagaimana prinsip kerja error recovery ?


Jawaban

 

TCP  Sebagai connection-oriented : Sebelum data dapat ditransmisikan antara dua host, dua proses yang berjalan pada lapisan aplikasi harus melakukan negosiasi untuk membuat sesi koneksi terlebih dahulu. Koneksi TCP ditutup dengan menggunakan proses terminasi koneksi TCP (TCP connection termination).

UDP sebagai Connectionless-Oriented Protocol : adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

2.    5 protokol aplikasi.

      1. DNS ( domain name system )

 adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk

basis data tersebar di dalam jaringan komputer,

port : 53 default


2. FTP ( File Transfer Protocol )

adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.

port : 20, 21


3. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol )

Protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dan web dalam sebuah web browser.Selain itu juga merupakan protokol yang meminta dan menjawab (berinteraksi) antar klien dan server.

port : 80


4. NFS (Network File system)

Jaringan protokol yang memungkinkan pengguna di klien komputer untuk mengakses file melalui jaringan dengan cara yang sama dengan bagaimana penyimpanan lokal yang diaksesnya.

port : 686


5. MIME (Multipurpose Internet Mail Exension)

fungsi : Protokol yang digunakan untuk mengirim file binary dalam bentuk teks.

port : 25


3.      Flow-control adalah suatu teknik untuk menjamin bahwa entitas pengirim tidak akan membanjiri data kepada entitas penerima. Entitas penerima secara khusus mengalokasikan buffer dengan beberapa kali panjangnya tansfer.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar