twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :) @aidilfitrisyah3 thank you

Kamis, 13 Desember 2012

PING 

Bagian I

1. Sebutkan pesan-pesan yang dikirimkan melalui PING?

2. Apakah maksud dari pesan unreachable pada PING ?

3. Apa yang dimaksud dengan multicast pada IGMP (Internet Group Multicast Protocol)?

4. Apa syarat yang harus dimiliki oleh client agar bisa menggunakan protocol BOOTP?

5. Jelaskan secara singkat cara kerja dari DHCP?



1.    Pesan-pesan yang dikirim melalui PING

Echo Reply

Pesan ini digunakan untuk merespon ping ketika sistem masih hidup

Destination Unreacheable

Pesan ini menunjukkan bahwa pesan IP sebelumnya tidak dapat disampaikan ke tujuannya. Hal ini mungkin terjadi karena router sepanjang jalur tidak memiliki didefinisikan rute ke tujuan. Juga, jika mesin tujuan tidak dapat berbicara protokol yang tepat, jenis pesan os akan dikembalikan. Alternatif. Akhirnya tuan rumah bisa kembali pesan ini jika tujuan port TCP atau UDP tertutup.

Source Quench

Ketika sistem paket menerima terlalu cepat untuk memproses mereka dalam antrian masuk, hal itu mungkin mengirim kembali pesan Quench Sumber memberitahu pengirim melambat

Redirect

Pesan ini dikirim oleh router untuk mengindikasikan bahwa lalu lintas bisa    diarahkan ke router lain. Yang dapat memberikan lalu lintas ke tempat tujuan secara efisien

Echo

Jenis pesan ini digunakan untuk mengirim ping untuk menentukan system berjalan

Time Exceeded

Pesan ini menunjukkan bahwa jumlah hop maksimum dalam Time-To-Live bidang header IP yang telah terlampaui

Parameter problem

Pesan ini dikirim oleh sebuah sistem sebagai tanggapan terhadap paket IP dengan parameter yang buruk di salah satu kolom

Timestamp

Jenis pesan ini mencakup waktu pada mesin pengirim, dan meminta waktu pada komputer tujuan

Timestamp Reply

Setelah menerima pesan, sistem akan merespons dengan waktu sendiri termasuk dalam timestamp replay

Timestamp Request

Pesan ini dapat digunakan oleh sebuah host untuk menentukan jaringan yang sudah di koneksikan

Information reply

Pesan ini berisi jawaban atas suatu pesan permintaan informsi tentang alamat IP jaringan


2.    Maksud dari pesan unrecable pada PING?


Pesan ini menunjukkan bahwa pesan IP sebelumnya tidak dapat disampaikan ke tujuannya. Hal ini mungkin terjadi karena router sepanjang jalur tidak memiliki didefinisikan rute ke tujuan. Juga, jika mesin tujuan tidak dapat berbicara protokol yang tepat, jenis pesan os akan dikembalikan. Alternatif. Akhirnya tuan rumah bisa kembali pesan ini jika tujuan port TCP atau UDP tertutup.


3.    Yang dimaksud dengan multicast pada IGMP(Internet Group Multicast Protocol) yaitu Sebuah teknik di mana sebuah data dikirimkan melalui jaringan ke sekumpulan komputer yang tergabung ke dalam sebuah grup tertentu, yang disebut sebagai multicast group.


4.    Syarat yang harus dimiliki oleh client agar bias menggunakan protocol BOOTP adalah

Sebuah client baru bias menggunakan protocol BOOTP apabila pada client tersebut terdapat Ethernet Card & Boot Lan .


5.    Cara kerja dari DHCP yaitu :

Pada saat DHCP klien dihidupkan, maka kompuetr tersebut akan melakukan request ke DHCP sever untuk mendapatkan nomor IP. DHCP server menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada di database DHCP. DHCP server setelah memberikan nomor IP, maka sever meminjamkan (lease) nomor IP yang ada ke DHCP klien dan mencoret nomor IP tersebut dari daftar pool. Nomor IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. Jika tidak ada lagi alamat nomor IP yang dapat diberikan, maka clinet tidak dapat menginisialsasi TCP/IP, dengan sendirnya tidak dapt tersambung pada jaringan tersebut.

Setelah periode waktu tertentu, maka pemakaian DHCP klien tersebut dinyatakan selesai dan klien tidak memperbaharuhi permintaan kembali, maka nomor IP tersebut dikembalikan kepada DHCP server, dan server dapat memberikan nomor IP tersebut kepada klien yang membutuhkan. Lama peride ini dapat ditentukan dalam menit, jam, bulan atau selamanya yang disebut leased periode.

DHCP menggunakan 4 tahapan dalam proses untuk memberikan konfigurasi nomor IP, jika klien mempunyai NIC Card ( kartu jaringan) lebih dari satu dan perlu nomor IP lebih dari satu maka proses DHCP dijalankan untuk setiapmadaptor secara sendiri-sendiri.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar